SUPERVISI - SEPTEMBER 2009

SUPERVISI DINAS KESEHATAN SEPTEMBER 2009 di Puskesmas Japanan

Bulan September ini tepatnya pada tanggal 3, Puskesmas Japanan, Mojowarno, Jombang kedatangan tamu dari seksi P2M Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dengan tujuan supervisi terhadap beberapa program yang dijalankan, antara lain Penyakit Malaria, Demam Berdarah, TBC, ISPA, Diare, dan Kusta.


Beranggotakan 4 orang yang terdiri dari Ibu Endah, Ibu Sayekti Rahayu, Bapak Bambang, dan Bapak Syaiful, tim supervisi dari seksi P2M dengan tekun melancarkan beberapa pertanyaan yang harus dijelaskan oleh masing-masing penanggung jawab program ataupun pelaksana program, termasuk petugas pencatatan dan pelaporan di Puskesmas Japanan. Beberapa yang sempat menjalani sesi wawancara antara lain Ibu dr. Hj. RR. Tyas Gondowati sebagai kepala puskesmas, Pak Muyono, Pak Fatchulloh, Pak Ali Khasan, dan Ibu Indah Wahyuni. Berikut beberapa gambar yang menampilkan suasana wawancara selama kegiatan supervisi tersebut.
 
  
 
 


Segenap pegawai dan staf yang berada di Puskesmas Japanan juga menyambut dengan baik dan ramah kedatangan tim dari P2M, serta ikut membantu pelaksanaan supervisi sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan lancar. Hal ini menunjukkan keterbukaan dan kesediaan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat di sekitar wilayah Puskesmas, sehingga pada tahun-tahun mendatang kegiatan layanan dapat diperbaiki berkat hasil koreksi dari kegiatan supervisi.

Kegiatan supervisi dari Dinas Kesehatan seksi Kesehatan Keluarga juga telah dilaksanakan satu hari sebelumnya bertempat di Poskesdes Rejo Slamet, yang dibina oleh Bidan Efi Nursanti. Tepatnya pada tanggal 2 September 2009 pukul 10.15 WIB, Bidan Efi menerima kunjungan dari Ibu Christine, Ibu Luluk, Ibu Endang, dan Ibu Sri. Secara bergantian mereka melontarkan berbagai pertanyaan seputar kegiatan pelayanan yang dilakukan di Poskesdes Rejo Slamet ini, termasuk memeriksa bukti-bukti pencatatan dan pelaporan yang ada dan telah dikerjakan.

Dalam kegiatan ini, Bidan Efi Nursanti juga didampingi oleh rekan-rekan dari Puskesmas Japanan yang berdatangan dari berbagai wilayah, antara lain Bidan Suntiasih dari desa Penggaron, Bidan Sugiharsih dari Karanglo, Bidan Eny Farida dari Japanan, Bidan Yayuk Rindawati dari WringinPitu, Ibu Sri Wijati selaku bidan koordinator , Ibu Lilik Sumarti dan Ibu Katarina selaku staf dari Puskesmas Japanan.

Hasil supervisi secara singkat dikemukakan oleh ibu Luluk antara lain secara umum Poskesdes sudah baik, tertata rapi, dan asri, tetapi masih belum ditampilkan data dinding, pemetaan desa, serta ada beberapa register yang belum lengkap pengisiannya.

Mendekati jam 11 siang, tim supervisi telah menyelesaikan tugas kunjungannya, dimana Bidan Efi Nursanti didampingi rekan-rekan dari Puskesmas Japanan mengiringi kepergian tim supervisi Kesga Dinas Kesehatan Jombang dengan senyuman lebar, sapaan ramah, dan buah tangan berupa tape singkong 99 khas produksi desa Japanan.

Selamat jalan tim supervisi, semoga selamat sampai di tempat tujuan yang selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkatkan Imun untuk Menyerang Covid 19