PEMBINAAN POSYANDU DI PUSKESMAS JAPANAN


Puskesmas Japanan yang berlokasi di Jl. Raya Sumberboto terletak tepat di sebelah balai desa Japanan menyediakan empat jenis pelayanan kesehatan dasar, antara lain poli umum, poli gigi, poli kia, dan poli kb kepada masyarakat di sekitarnya. Wilayah kerja Puskesmas Japanan terdiri dari 8 desa yaitu Wringin Pitu, Rejoslamet, Grobogan, Japanan, Mojoduwur, Penggaron, Latsari, dan Desa Karanglo.
Dengan dukungan total dari 29 staf yang distribusi usia antara 26 sampai dengan 54 tahun, puskesmas ini menjanjikan layanan kesehatan yang ramah, professional, tepat waktu dan berpengalaman.

Layanan kesehatan yang diberikan tidak hanya bertempat di gedung puskesmas Japanan saja, tetapi 8 bidan dan 4 orang perawat siap siaga melayani masyarakat di wilayah desa melalui pos kesehatan desa.

Pembinaan terhadap masyarakat dilakukan melalui upaya-upaya kesehatan berbasis masyarakat, seperti pos pelayanan terpadu (posyandu), pos kesehatan pesantren (poskestren), termasuk di dalamnya juga kegiatan desa siaga yang sedang semarak diadakan di desa-desa dalam wilayah kabupaten Jombang, dimana setiap bidan desa dijadikan fasilitator untuk kegiatan-kegiatan desa yang bersangkutan dengan kesehatan.

Kegiatan posyandu di wilayah kerja puskesmas Japanan yang terdiri dari 44 buah pos didukung kuat oleh perangkat desa dan kader-kader aktif yang berpengalaman. Sebagai apresiasi terhadap kader tersebut, puskesmas Japanan secara rutin mengadakan acara pembinaan kader yang diselenggarakan tiap akhir bulan yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kesehatan bagi kader aktif. Diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan kader, maka akan terjadi proses getok tular kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kader tersebut.


Pembinaan posyandu ini diselenggarakan oleh bagian promosi kesehatan puskesmas Japanan yang dikoordinasi oleh Ibu Yukisminingsih, biasanya diisi dengan materi-materi yang menarik dan isu-isu kesehatan terbaru, yang dibawakan secara bergantian oleh dr. Hj. RR. Tyas Gondowati, Bidan Widi Astuti, Bidan Sri Wijati (Wiwik), Bidan Yayuk Rindawati (Gizi), Bidan Esti Widayanti (Lansia), dan pemegang program yang lainnya.

Sinergi antara masyarakat dengan puskesmas yang telah berlangsung lama dan telah berjalan sedemikian baik ini hendaknya dapat semakin ditingkatkan, dan sangat diharapkan dapat memberikan kemaslahatan bagi seluruh pihak yang terkait demi tercapainya Indonesia Sehat 2010. Viva Puskesmas Japanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUPERVISI - SEPTEMBER 2009

Tingkatkan Imun untuk Menyerang Covid 19