Awas Ada Si Novel Coronavirus

Sumber : www.covid19.go.id

Jombang - Novel Coronavirus saat ini sedang menjadi trending topik tidak hanya di Indonesia melainkan di dunia. Virus yang biasa dikenal dengan nama 2019-nCov ini merupakan varian baru dari jenis virus Corona penyebab penyakit SARS dan MERS. Virus ini merupakan penyebab dari penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid 19). Penyakit ini menyerang saluran pernafasan sehingga gejala yang muncul hampir sama dengan flu yakni demam, batuk kering, pilek, sakit tenggorokan, letih lesu, dan  sesak nafas. Namun pada perkembangannya, ditemukan pasien Covid 19 yang tidak mengalami gejala dan biasa disebut dengan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Penyakit Covid 19 mulai terdeteksi di Indonesia pada bulan Maret 2020. Penyakit ini menyerang semua kalangan dan bisa ditularkan dari orang ke orang. Penularannya bisa terjadi melalui droplet (cairan) yang keluar melalui mulut atau hidung. Tidak hanya itu, penyakit ini juga bisa ditularkan melalui kontak fisik pada barang yang sudah terpapar virus. Sehingga, perlu adanya peran dari seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah persebaran virus semakin meluas.

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah menjaga jarak minimal 1 meter setiap berada di keramaian. Jangan lupa memakai masker setiap keluar rumah. Penggunaan masker dianjurkan baik untuk masyarakat sehat atau sakit. Jika batuk atau bersin diharap menerapkan etika yang benar. Etika yang dianjurkan saat batuk dan bersin adalah menggunakan masker atau menutup hidung dan mulut menggunakan tissue/sapu tangan. Jika tidak ada benda untuk menutup mulut dan hidung, bisa menggunakan lengan tangan bagian dalam. Himbauan yang terpenting lagi adalah tetap dirumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Tunda mudik hingga wabah berakhir karena bisa jadi Coronavirus ada disekitar kita.

Selain pencegahan yang telah disebutkan, pencegahan lain yang bisa diterapkan adalah melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Caranya adalah makan dengan gizi seimbang, olahraga yang cukup, cuci tangan menggunakan sabun dengan 6 langkah, jaga gizi seimbang, minum air yang cukup, makan makanan yang dimasak sempurna, lakukan etika batuk yang benar, bila demam atau sakit berobat ke fasilitas kesehatan, dan jangan lupa berdoa.

Yuk disiplin menerapkan protokol yang sudah dianjurkan pemerintah. Karena kalau bukan peran dari kita, siapa lagi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUPERVISI - SEPTEMBER 2009

Tingkatkan Imun untuk Menyerang Covid 19